penjas adaptif

Posted: Februari 21, 2010 in kuLiah
Tag:,

Penyelenggaraan Guru Penjas Adaptif yang Professional

No Persiapan/perencanaan Penyelenggaraan Penilai
1 Dapat mendemonstrasikan kemahiran merencanakan program instruksional yang memenuhi kebutuhan bagi siswa dengan ketidakmampuan yang dititikberatkan pada bidang-bidang berikut :

  • Kesegaran jasmani dan gerak.
  • Keterampilan dan pola gerak dasar.
  • keterampilan dalam akuatik, olahraga individual dan kelompok.
Mampu memberikan atau memperagakan macam – macam strategi untuk pengajaran individual bagi para siswa yang memiliki kelainan tersebut. Penilaian menitikberatkan pada keterampilan dan unjuk kerja gerak dari peserta didik, baik dalam keterampilan olahraga, kesegaran jasmani, keterampilan gerak dasar, kemamapuan dalam olahraga individual maupun kelompok.
2 Dapat mendemonstrasikan kemampuan menyesuaikan aktivitas kesegaran jasmani dan gerak ; Keterampilan dan pola gerak dasar;

keterampilan dalam akuatik, olahraga individual dan kelompok untuk mengakomodasi kebutuhan – kebutuhan para individu dengan ketidakmampuannya.

Mampu memberikan atau memperagakan kemampuan menggunakan berbagai macam teknik – teknik yang benar serta memodifikasi gerakan dasar dalam berolahraga sehingga dapat mempermudah individu tersebut memahami.
3 Dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang macam – macam organisasi yang mengendalikan permainan dan olahraga. Pemberian olahraga sesuai dan tepat dengan kemampuan individu dan juga memberikan sesuai dengan seberat apa stadium yang diderita seorang individu.
4 Dapat mendemonstrasikan berbagai macam – macam olahraga berdasarkan tujuan – tujuan yang akan didapat baik jangka waktu dekat maupun jauh bagi individu yang mengalami ketidakmampuan. Melakukan tes dan pengukuran bagi individu, khususnya mengenai pengetesan kesegaran jasmani.
5 Menggunakan program aktivitas jasmani yang sistematis. Perlu adanya pengadaan ekstrakurikuler sesuai kelainan yang dialami
6 Dalam melakukan aktivitas – ektivitas olahraga atau pendidikan jasmani, perlu memperhatikan adanya faktor keselamatan bagi setiap individu. Pengadaan aktivitas intramural ( pertandingan/perlombaan/kegiatan olahraga diadakan dalam satu sekolah ) dan aktivitas ekstramural, tentunya pengadaan aktivitas – aktivitas tersebut memerlukan aturan – aturan tersendiri dengan melalui modifikasi – modifikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s