m00nGgo PinaraK ing bLog kuL0 reNcang2..

Posted: Oktober 29, 2009 in portofo, Uncategorized
Tag:

Kecanggihan Otak-Mu

Tahukah kamu betapa canggihnya otak yang kau punya? Masak sih…? Buktinya mana, pasti itu yang kamu tanyakan. Ketahuilah bahwa otak manusia sangat luar biasa. Dengan 100 milyar sel syaraf, otak kamu bisa menggunakan sekitar 100 milyar bit informasi atau setara dengan 500 ensiklopedia wow…… Pikiran manusia normal, bila diasah, sesungguhnya dapat bergerak dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam. Dalam 24 jam, manusia bisa mengembangkan 4.000 pikiran. Karena itu, banyak istilah yang diberikan untuk menggambarkan otak manusia, misalnya ”raksasa yang sedang tidur”, ”seperangkat mesin kompleks di jagad raya”, ”wilayah terbesar di dunia yang belum tergali”, atau ”superkomputer biologis”.

Kecanggihan lainnya yaitu ternyata otak manusia bahkan dapat memperbaiki dirinya sendiri. Selama Perang Dunia II, 10.000 tentara tertembak di bagian kepala sehingga otaknya mengalami kerusakan. Mereka dirawat di Inggris. Para dokter menemukan fakta bahwa manusia bisa memprogram kembali bagian sisa otak yang sehat agar bisa mengambil alih tugas bagian otak yang rusak atau hilang.

Lantas pertanyaan senjutnya adalah kenapa kita suruh menghapal pelajaran dikit aja rasanya susah banget? Jawabannya karena manusia hanya memakai sepersekian persen dari kapasitas otak yang mereka miliki. Para ahli mengatakan bahwa manusia tidak memakai lebih dari 10% kemampuan otaknya, itu karena umur manusia singkat, sehingga sel-sel otak tersebut tidak lagi berkembang sesuai kapasitasnya karena mulai menurun secara bertahap menjelang usia semakin tua (degenerative cell), dan akhirnya proses regenerasi sel otak tersebut terhenti pada saat seseorang mati. Perkembangan sel otak itu pada dasarnya dapat bersifat unlimited atau  tak terbatas apabila manusia hidup kekal, andaikata manusia tidak mati diumur 70 tahun (rata-rata umur hidup manusia) melainkan sanggup hidup kekal maka seluruh kemampuan otaknya akan dipakai secara maksimal dan optimal. Coba bayangkan jika manusia hidup sampai umurnya 1000 tahun saja, maka dapat dipastikan kemampuan otak manusia akan berkembang selama itu juga.

Sangat menarik, catatan kitab suci mengatakan bahwa nenek moyang manusia (Adam) sebelum dia mati, Adam mencapai umur 930 tahun. “Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.” Contoh simple saja, seorang yg ingin meraih gelar sarjana membutuhkan waktu untuk kuliah sekitar 5 tahun, melanjutkan S2 membutuhkan waktu sekitar 2 tahun lagi, dan untuk meraih gelar doktor sekitar 3 tahun lagi, maka total waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 10 tahun. Itu hanya untuk satu bidang disiplin ilmu. Coba bayangkan kalau umur seseorang bisa mencapai 1000 tahun, maka dia bisa meraih gelar doktor untuk kira-kira 80 bidang ilmu yang berbeda, dahsyat bukan…?. Maka bisa dibayangkan otak orang yang berumur 1000 tahun pasti akan menggunakan kemampuan otaknya lebih dari 10%.

Majalah Scientific American, edisi November 2005, memuat satu artikel tentang hasil penelitian terkini mengenai kapasitas otak dalam menyimpan informasi. Artikel itu mengatakan Untuk bisa mengisi penuh “hard disk” otak maka kita harus belajar satu hal baru setiap detik selama sekitar 30 juta tahun. Bayangkan, dibutuhkan waktu sekitar 30 juta tahun untuk mengisi full memory otak manusia.

Jika kamu tanya,hebat mana otak manusia dengan komputer? Otak manusia tidak bisa disamakan dengan produk ciptaan orang di bumi ini seperti komputer atau apapun. Ada seorang ahli yg mengatakan bahwa bahkan struktur otak seekor lalat saja jauh lebih rumit daripada struktur multi processor komputer yang tercanggih buatan para pakar komputer, apalagi jika dibandingkan dengan otak manusia yang berisi milyaran sel neuron, sangat jauh sekali. Seorang lalat buah memiliki 100.000 sel otak aktif. Seekor tikus memiliki 5 juta. Seekor kera  memiliki 10 miliar. Dan manusia memiliki sekitar 100 miliar sel otak aktif sejak lahir.

Kesimpulannya adalah sebenarnya kamu sudah memiliki alat paling canggih dan sangat spektakuler jadi santai saja tidak perlu minder dan berkecil hati. Sekarang kamu tinggal mengoptimalkan kerja otak yang kamu miliki agar memiliki hasil yang optimal. Lalu bagaimana cara kamu agar dapat mengopimalkan kemampuanmu yang luar biasa itu ? Tony buzan, seorang pakar psikologi dan memori, mengatakan “ kamu dapat menggunakan pikiran kamu secara maksimal dengan mempelajarinya terlebih dahulu. Mula-mula katahuilah dari apa ia dibuat. Bagaimana cara kerjanya.bagaimana cara kerja memory ? bagaimana caa konsentrasi belajar? Bagaimana cara kerja proses berpikir kreatif? Dengan demikian, kamu telah mulai memeriksa dan menjelajahi diri kamu sendiri.

Untuk memulai mengukur diri kamu sendiri, ini pertanyaan PR buat kamu, sampai sekarang berapa persen kemampuan otakmu yang telah kamu gunakan ?

 

 

Apa Aja Sih Bagian-Bagian Otak

Kamu pasti sering kali mendengar kata “bodoh”. Apakah orang yang disebut bodoh, memang bodoh? Sesungguhnya di dunia ini tidak ada yang bodoh. Mengapa? Karena kapasitas otak manusia dengan manusia lain adalah sama dan tetap. Bedanya hanya pada penggunaan kapasitas tersebut. Jadi, semua manusia sesungguhnya sama pintar dan sama “bodoh”nya. Hanya bedanya, pada penggunaan kepintaran dan kinerja otak. Makanya kamu perlu tahu bagian-bagian otak agar bisa mengetahi kinerja dan cara mengoptimalkannya.

Tingkatan otak

Menurut Dr. Paul Mac Lean, mantan direktur Laboratorium Otak dan Perilaku pada Institut Kesehatan Mental Amerika Serikat, otak manusia merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari 3 bagian. Pertama, batang otak, berada di bagian dasar kepala manusia. Fungsinya adalah untuk mengontrol instink-instink primitif seperti pernafasan, detak jantung, respon reflektif seperti ”lawan dan lari” saat menghadapi bahaya, dan kemarahan. Otak jenis ini terdapat juga pada hewan-hewan seperti kadal dan buaya. Karena itu, Mac Lean menyebutnya sebagai otak reptil.

Kedua, sistem limbik, yaitu bagian tengah otak yang membungkus otak reptil. Bagian otak ini dijumpai juga dalam hewan-hewan mamalia sehingga Mac Lean menyebutnya otak mamalia. Bagian otak ini mengendalikan emosi (rasa senang, rasa marah, dan lain-lain) dan menjaga stabilitas dalam tubuh manusia (dinamika hormonal, rasa lapar dan haus, nafsu seks, dan kekebalan tubuh). Inilah bagian otak yang diprogram untuk memerintahkan seorang bayi atau sekor anak domba atau anjing secar alamiah untuk menyusu pada ibunya segera setelah lahir. Dan seperti seperti dijelaskan diatas, jelas sekali  bahwa pusat emosi dan seksual otak kamu berhubungan erat dengan bagian-bagian otak yang berurusan dengan penyimpanan memori. Makanya kamu dapat mengingat banyak hal dengan lebih baik ketika kamu telibat secara emosional seperti cinta pertama kamu.

Ketiga, neokorteks atau otak berpikir. Inilah bagian otak yang membedakan manusia dengan hewan. Neokorteks berhubungan dengan kemampuan melihat, mendengar, mencipta, berbicara, berpikir. Dengan otak ini, manusia menjadi makhluk cerdas yang tiada duanya di alam semesta ini.

 

Otak Kiri dan Otak Kanan

 

Otak manusia terdiri dari dua belahan, kanan dan kiri. Kebenaran mengenai hal ini sebenarnya sudah dipahami oleh orang Mesir kuno, yaitu ketika mereka mengetahui bahwa otak kiri mengendalikan dan menerima sensasi dari sisi kanan tubuh kita dan demikian pula sebaliknya. Menurut riset, kedua bagian otak itu terhubung dengan jaringan super kompleks yang terdiri dari 300 juta neuron.

Profesor Roger Sperry dari Universitas California melakukan penelitian mendalam mengenai otak kanan dan otak kiri manusia. Menurutnya, otak kiri memampukan manusia berpikir logis, runtut, analitis, matematis, dan sistematis. Dengan otak kiri, manusia mengembangkan pemikiran-pemikiran secara bertahap dan akumulatif. Ini disebut sebagai proses berpikir linear.

Sedangkan otak kanan memampukan manusia berpikir kreatif. Otak kanan memampukan manusia berpikir tentang ide-ide abstrak seperti etika dan estetika. Otak kanan berproses kreatif dengan menggunakan irama, musik, kesan visual, warna, dan gambar. Otak kanan memampukan manusia berpikir secara menyeluruh sehingga disebut sebagai proses berpikir global.

Komputer hanya bisa bekerja seperti otak kiri manusia, tetapi tidak bisa bekerja seperti otak kanan manusia. Ini yang membuat manusia lebih unggul dari komputer tercanggih sekalipun di dunia.

Salah satu contoh bahwa manusia mampu mengalahkan computer secanggih apapun yaitu suatu kali, grandmaster Garry Kasparov ditandingkan dengan sebuah komputer yang dirancang khusus untuk bermain catur dengan canggih. Deep Blue, demikian nama komputer itu, mempunyai kemampuan yang luar biasa. Sekalipun Kasparov sempat kalah, ia mampu bermain seri atau sama kuat (draw) dengan Deep Blue. Bahkan, Kasparov sempat bisa mengunggulinya. Secara teknis, kapasitas Deep Blue jauh lebih unggul (lihat tabel). Mengapa Kasparov bisa menang? Para ahli mengatakan bahwa ada satu hal yang tidak dipunyai oleh komputer, yaitu ”intuisi”.

 

Perbandingan Kapasitas otak Kasparov dan komputer Deep Blue

Unsur Elo rating Prosesor Evaluasi posisi Teknik
Garry Kasparov

 

2.775

 

100 milyar syaraf otak

 

2 langkah per detik

 

Rasio dan intuisi

 

Deep Blue

 

2.450

 

256 co-processor

 

100 juta langkah per detik

 

Mekanisme mesin

 

 

Apa sebabnya Garry Kasparov bisa mengalahkan komputer super canggih Deep Blue? kareana Otak kanan memungkinkan manusia berpikir kreatif secara intuitif tanpa melalui proses-proses berpikir logis yang sistematis. Sebagai contoh, adalah pada pemain bulu tangkis yang hebat. Taufik Hidayat dapat bereaksi cepat dan benar dalam hitungan detik. Terkadang, langkah-langkahnya tidak logis, tetapi cermat dan tepat. Dalam hal ini, ia berpikir intuitif dengan kekuatan otak kanannya. Orang yang kreatif adalah orang yang mampu mengembangkan kedua belah otaknya. Jadi kedua belahan otak ini bisa dioptimalkan saat kamu belajar dengan cara menggunakan keduanya dengan bersamaan. Salah satu yang bayak dianjurkan oleh para ahli yaitu dengan cara belajar sambuil mendengarkan musik, sehingga kedua otak bekerja bersamaan dan bisa memaksimalkan penyerapan informasi oleh otak.

Gelombang Otak

Ternyata, otak manusia juga memancarkan beberapa jenis gelombang, ini yang disebut gelombang otak. Itu adalah semacam impuls-impuls listrik lemah yang dapat diukur dengan jelas oleh alat berupa electro-encephalograph machine (EEG). Ada 4 jenis gelombang otak (lihat tabel).

 

Karakteristik Keempat Gelombang Otak

Nama Alfa Beta Delta Teta
Ciri Relaksasi dan meditasi Pikiran sadar

 

Tidur lelap tanpa mimpi Lamunan saat akan tidur
Siklus 8-12 siklus 13-25 siklus 0,5-3 siklus 4-7 siklus
Fungsi Berkhayal

 

Berpikir, berbicara, beraktifitas

 

Istirahat

 

Memproses informasi hari itu dan menggali inspirasi

 

Data tentang gelombang di atas menunjukkan bahwa tiap gelombang otak manusia mempunyai fungsinya masing-masing. Banyak peneliti yang kini yakin bahwa manusia dapat menyerap informasi jauh lebih cepat dan efektif ketika otak kita berada dalm keadaan “waspada relaks”. Saat bersantai atau bermeditasi, gelombang Alfa membawa kita berkhayal, berfantasi, dan akhirnya menemukan atau mencipta ide-ide kreatif. Pada saat hendak tidur, gelombang Teta mengalir sehingga kita bisa melakukan evaluasi dan menangkap inspirasi-inspirasi baru.

Menurut penelitian, doa dan meditasi bisa meningkatkan aliran gelombang Alfa dalam otak kita. Dr. A. Kasamatsu dan T. Hirai dari Universitas Tokyo menemukan bahwa pendeta-pendeta Zen yang bermeditasi dengan mata setengah terbuka mampu mengembangkan gelombang Alfa dalam otak mereka. Penelitian electroencephalogram yang dilakukan Universitas Harvard  juga menyimpulkan bahwa meditasi yang digabung dengan teknik ”sugestologi” dapat mengembangkan kemampuan kreatif dalam otak. Teknik ”sugertologi” adalah teknik berpikir dan berkata-kata positif sambil memusatkan pikiran (fokus). Maka dari itu perbanyak ibadah dan berpikir positif maka akan meningkat kinerja otak kamu.

 

 

 

 

Kemampuan Otak Kamu

Cara otak kamu menyimpan informasi

Otak menyimpan informasi dalam bentuk pola, misalnya kamu disuruh menyebutkan jenis-jenis apel maka kamu akan menjelaskan : apel Washington, apel selandia baru, apel malang dan lain sebagainya dari memorimu tentang “apel”. Jika kamu diminta untuk menyebutka nama-nama buah yang kamu tahu maka kamu akan menyebutkan apel, jeruk, pir dan anggur. Dan menyimpan klasifikasi itu dalam memorimu tentang buah. Jadi otak mengklasifikasikan informasi dalam berbagai file penyimpanan seperti sebuah perpustakaan, ndeks buku  atau rujuakan buku.

Otak menyimpan iinformasi dengan menggunakan asosiasi. Otak setiap orang memiliki sebuah korteks asosiasi. Ia dapat mengghubungkan sesuatu yang mirip, dari berbagai bank memori. Belajar menyimpan informasi dalam pola-pola dan dengan asosiasi yang kuat adalah langkah pertama menuju pengembangan kemampuan otak yang belum dimanfaatkan.

Mengenal cara otak menyimpan informasi ini sebenarnya merupakan salah satu kunci untuk memeperbaiki daya ingat kamu. Mengasosiasikan sesuatu dengan citra yang kuat akan membantumu mengingat sesuatu dengan lebih mudah. Seperrti dari mana kamu mengingat warna pelangi, kalo bukan dari lagu pelangi……….pelangi……alangkah indahnya merah, kuning, hijau di langit yang biru. Seluruhnya disimpan di otak kanan yang berurusan dengan rima?

Mark Gluck, Ph.D. mengatakan bahwa bagian otak yang bernama hippocampus berfungsi mengembangkan daya ingat. Menurut Dr. Murray Grossman dari Pusat Medis Universitas Pennsylvania, ada 5 jenis memori.

  1. Memori kerja, yaitu ingatan jangka pendek.
  2. Memori implisit, yaitu ingatan untuk melakukan sesuatu seperti mengemudi mobil dan berenang.
  3. Memori remote, yaitu ingatan jangka panjang mengenai berbagai topik yang luas. Memori episodik, yaitu ingatan mengenai pengalaman pribadi yang khusus.
  4. Memori semantik, ingatan tentang kata-kata dan simbol-simbol.

Otakmu juga butuh makan

Seperti mesin-mesin kompleks yang lainnya, otak kamu juga butuh energi. Dan itu akan didapatkan dari makanan yang kamu makan. Jika makanan yang kamu makan berenergi rendah, ia tidak dapat bekerja dengaan baik.berilah ia makanan beenergi tinggi, hingga komputer pribadi kamu dapat bekerja dengan mulus dan efesien.Otak memebutuhkan banyak glukosa. inilah sebabnya buah segar dan sayuran sanagt penting.mereka sangat kaya glukosa.

Otak mengirim pesan ke seluruh tubuhmu dengan cara yang unik, yakni melalui miliaran sel dimana pesan mengalir ke tubuh secara elektrik dan kimiawi. Setiap pesan bergerak seperti listrik disepanjang akson sel otak, lalu berubah menjadi aalirqan kimiawi ketika meloncat melalui titik hubung ke sel lain. Para ahli menyebutnya sinanpsis. Untuk mengirim pesan tersebut, otak kamu mula-mula harus menghasilkanj listrik.

Dan sumber listrik otak itu adalah makanan yang dikomnbinasikan dengan oksigen. Tentu saja, kamu mendapat oksigen melalu pernapasan. Ini sebabnya bernapas dalam-dalam sangat disarankan sebelum dan selama belajar: untuk mengoksidasi darah anda. Dan itulah sebabnya olahraga tidak hanya baik untuk tubuh kamu, tetapi juga baik untuk otak kamu. Ia memperkaya daarah kamu dengan oksidasi.

Ada beberapa jenis  makanan yang baik untuk otak, hamper semua buah kaya akan akaliaum yang baik untuk otak. Khususnya pisang, jeruk, apokat,melon dan buah persik. Begitu pula kentang, tomat dan labu. Bagi yang cewek-cewek jangan cemas, memberi makan otak juga bisa sambil menjaga diet. Sebaiknya lakukanlah hal-hal dibawah ini:

  1. Sarapan pagi, lebih baik dengan mengkonsumsi banyakbuah-buah segar.
  2. Makan sianglah dengan baik,disarankan untuk mengonsumsi salad sayuran yang segar.
  3. Jadikan ikan, kacang, dan sayuran sebagai “lemak nabati utama dalam diet kamu.
  4. Berolahragalah secara teratur untuk mengoksidasi darah
  5. Bersihkan diri dari racun dengan minum bnayak air putih

Revolusi cara belajar, the learning revolution, Gordon Dryde & Dr. Jeannette Vos, kaifa, 2000, Bandung.

 

*) Haryadi Baskoro, S.Sos, MA, M.Hum, Th.D (cand) adalah aktivis Pelangi Institute, penulis dan peneliti bidang kebudayaan.

Tags: kreatif, manusia, potensi

Category: Artikel Entrepreneurship

http://pelangiinstitute.com/?p=52

 

http://rotogu.blogspot.com/2007/06/kecanggihan-otak-manusia.html

 

Menggali Potensi Kreatif Manusia

Sunday, November 16th, 2008 | Author: haryadi

 

 



Komentar
  1. Mr WordPress mengatakan:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s